Apakah kamu mengalami masalah dengan hardisk di PC atau laptopmu? Biasanya, masalah ini disebabkan oleh adanya bad sector pada hardisk. Jangan khawatir, pertama-tama kamu perlu mengetahui penyebabnya agar dapat memperbaiki hardisk yang mengalami bad sector.

Penting untuk kamu ketahui, jika hardisk mengalami bad sector dan menyebabkan kerusakan, maka data yang kamu simpan akan hilang. Namun, jangan khawatir karena ada cara mudah untuk memperbaiki hardisk bad sector.

Sebelum kita membahas cara memperbaiki hardisk bad sector, mari kita terlebih dahulu memahami apa sebenarnya bad sector itu. Bad sector merupakan istilah yang sering digunakan ketika terjadi kerusakan pada hard disk. Akibat dari kerusakan ini, perangkat keras komputer atau laptop tidak dapat merespon perintah read atau write dengan baik.

Kerusakan bad sector dapat terjadi pada hard disk magnetis maupun solid state drives. Kerusakannya bisa disebabkan oleh kerusakan fisik atau software. Jadi, jika kamu sedang mengalami bad sector rusak pada laptopmu, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu mana bad sector yang dapat diperbaiki dan mana yang tidak.

Jika laptop kamu mengalami kerusakan bad sector secara fisik, maka kerusakannya tidak dapat diperbaiki. Namun, jika yang rusak adalah software kamu, maka kerusakan tersebut masih bisa diperbaiki.

Penyebab Hardisk Bad Sector

Pasti kamu bertanya-tanya apa sebenarnya yang menyebabkan rusaknya bad sector, bukan? Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, kerusakan bad sector dapat disebabkan oleh berbagai cara. Salah satunya adalah ketika kamu membeli sebuah perangkat hard disk.

Baca Juga  7 Cara Mengubah JPG ke PDF Secara Online dan Offline

Seperti yang kamu tahu, meskipun kamu baru saja membeli peralatan teknologi, itu tidak menjamin kualitasnya. Setiap proses pembuatannya tidaklah sempurna, termasuk pembuatan hard disk. Oleh karena itu, tidak jarang kita menemui produk yang mengalami kerusakan meskipun masih baru.

Selain karena proses produksinya yang tidak sempurna, kerusakan bad sector juga bisa terjadi akibat hard disk yang pernah terjatuh. Kejadian ini dapat merusak platter dan menyebabkan kerusakan pada sektor-sektor di dalamnya.

Selain itu, debu dan kotoran juga dapat menyebabkan kerusakan pada hard disk. Bahkan, hard disk yang telah digunakan selama bertahun-tahun dapat dengan mudah mengalami kerusakan pada komponennya karena tidak lagi dalam kondisi yang kokoh.

Namun, jika terjadi kerusakan bad sector pada fisik, hal tersebut dapat berdampak luas pada perangkat lunak lainnya. Sebagai contoh, saat kamu sedang menulis, jika komputer tiba-tiba mati akibat terputusnya aliran listrik, hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada hard disk.

Selain itu, jika ada bagian pada hard disk yang berisi data yang tidak sesuai, hal tersebut dapat mengakibatkan kesalahan dalam koreksi kode. Dampaknya, sektor tersebut dapat dianggap sebagai bad sector oleh sistem operasi. Bahkan, beberapa virus malware juga dapat menyebabkan terbentuknya soft bad sector yang dapat merusak perangkat hard drive.

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Cara Memperbaikia Hardisk Rusak Bunyi

Sebelum kita membahas tentang cara memperbaiki hardisk yang mengalami bad sector, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa sistem operasi pada Windows yang sudah dilengkapi dengan program bawaan. Kamu dapat melakukannya dengan menggunakan alat pemeriksaan disk atau yang lebih dikenal dengan sebutan chkdsk.

Baca Juga  Cara Merapikan dan Meluruskan Titik Dua di MS Word Agar Sejajar

Proses ini dilakukan untuk memeriksa disk check yang akan melakukan pemindaian pada hard disk kamu dan menemukan bagian yang mengalami bad sector. Jika kamu menemukan soft bad sector, disk check akan memperbaikinya agar dapat digunakan kembali.

Salah satu cara lain yang bisa Kamu lakukan untuk memperbaikinya adalah dengan membuka windows explorer dan melakukan klik kanan pada drive yang ingin Kamu cek. Langkah selanjutnya adalah dengan mengklik properties setelah menu tersebut terbuka, Kamu dapat beralih ke tab Tools dan kemudian klik tombol check now untuk melihat bagian yang mengalami eror.

Setelah kamu mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan melihat munculnya kotak dialog kecil. Di sana, kamu akan diberikan dua opsi pilihan yang bisa kamu pilih. Setelah itu, kamu dapat mencentang untuk memeriksa dan memperbaiki bad sector yang rusak.

Itulah penjelasan singkat yang telah kami sampaikan mengenai cara memperbaiki bad sector pada hardisk. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *