Kamu ingin tahu bagaimana cara menginstal font Windows di Ubuntu dan sistem operasi Linux lainnya? Semua jawabannya bisa kamu temukan di artikel ini. Di sini, kamu akan mengetahui langkah-langkah untuk menginstal font Windows di Linux, termasuk font seperti Times New Roman dan lainnya yang tidak tersedia secara default.

Linux adalah sistem operasi open source yang dapat digunakan secara gratis dan bebas dimodifikasi. Karena alasan ini, terdapat banyak varian distro Linux yang tersebar di Internet yang dapat Kamu gunakan secara gratis dan dengan kebebasan yang tinggi.

Namun, meskipun sumber terbuka, distribusi Linux tidak dapat sembarangan menyertakan file-file, termasuk font, ke dalam sistem operasinya. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa font memiliki lisensi yang memungkinkan penggunaannya secara bebas dan gratis. Meskipun ada beberapa distribusi Linux yang menyertakan beberapa font yang juga ada di Windows, namun jumlahnya biasanya tidak sebanyak dan sekomplit di Windows.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan langkah-langkah untuk menginstal font Windows di sistem operasi Linux. Jika kamu menggunakan Ubuntu, panduannya tidak berbeda. Panduan ini berlaku untuk semua distro Linux, termasuk Ubuntu.

Kamu bisa dengan bebas menambahkan font Windows di Ubuntu seperti Arial, Arial Black, Comic Sans, Impact, Trebuchet, Calibri, dan banyak lainnya. Berikut ini adalah cara mudah dan cepat untuk menginstal font Windows di Ubuntu.

Cara Install Font Windows di Ubuntu

Cara Install Font Windows di Ubuntu

Untuk bisa menginstal font Windows di Ubuntu, kamu harus terhubung ke internet agar bisa mendownload font yang kamu inginkan. Ukuran fontnya tidak terlalu besar, jadi kamu hanya akan menggunakan sedikit data internetmu.

Baca Juga  4 Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 7, 8, dan 10

Inilah langkah-langkah untuk menginstal font Windows di sistem operasi Linux.

  1. Buka terminal kamu dengan menekan tombol F4 di keyboard.
  2. Ketikkan perintah

    sudo apt-get install ttf-mscorefonts-installer

    di terminal.
  3. Tekan tombol Enter pada keyboard.
  4. Masukkan password jika kamu diminta.
  5. Proses download font windows akan berjalan.
  6. Kamu hanya perlu menunggu hingga prosesnya selesai.
  7. Ketikkan perintah

    fc-cache -fv

    untuk membersihkan cache agar font bisa diterapkan.
  8. Selesai.

Setelah kamu mengikuti langkah-langkah di atas, tutup terminalmu dan coba apakah font Windows sudah berhasil dipasang di Ubuntu-mu atau tidak menggunakan aplikasi Libre atau WPS Office.

Jika kamu sudah berhasil menampilkan font seperti Arial, Arial Black, Comics Sans Ms, dan font lain yang ada di Windows, itu berarti kamu telah berhasil mengikuti panduan cara menginstal font Windows di Ubuntu dengan sukses.

Cara Install Font di Ubuntu

Cara Install Font di Ubuntu

Setelah berhasil menginstal font Windows di Ubuntu sesuai panduan sebelumnya, bagaimana cara menginstal font di Ubuntu menggunakan font yang dapat diunduh dari internet? Tentu saja, jawabannya adalah bisa.

Ada begitu banyak situs web yang menyediakan font-font keren dan unik yang bisa kamu pasang di sistem operasi Linuxmu. Jika kamu tidak begitu tertarik dengan font-font Windows, kamu harus mencoba font yang lebih keren di beberapa situs di internet.

Inilah langkah-langkah mudah untuk menginstal font di Ubuntu yang bisa kamu ikuti.

  1. Pastikan kamu sudah memiliki file font yang ingin dipasang. (cara mencari font bisa kamu baca dibawah)
  2. Ekstrak file .zip yang berisi dengan file font.
  3. Klik kanan salah satu file

    OTF

    atau

    TTF

    lalu pilih

    Salin ke
  4. Maka akan muncul jendela file manager.
  5. Masuk ke

    Home

    lalu klik kanan centang

    Tampilkan file tersembunyi

    .
  6. Masuk ke folder

    .local

    >

    share

    >

    Font

    kemudian klik tombol

    Pilih

    .
  7. Selesai.
Baca Juga  Cara Mengatasi Error 0xc00007b di PC/Laptop Windows

Setelah itu, pastikan apakah font telah berhasil terpasang atau belum. Kamu bisa membuka aplikasi Libre Office atau WPS Office dan memeriksa apakah font sudah ada di sana.

Hal yang perlu Kamu ketahui adalah di dalam folder Font tersebut Kamu dapat mengatur semua jenis font yang ada di ubuntu. Kamu dapat menghapus font, menambahkan font baru, dan mengelola font di ubuntu Kamu.

Cara Mencari Font di Internet

Setelah Kamu memahami cara memasang font Windows di Ubuntu dan menginstal font di Ubuntu, Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mencari font di internet untuk digunakan di Linux. Nah, berikut ini ada beberapa situs web yang menyediakan beragam font yang bisa Kamu gunakan secara gratis.

Berikut adalah beberapa situs yang menyediakan koleksi font gratis yang dapat kamu gunakan untuk kebutuhan desainmu:

  1. dafont.com
  2. urbanfonts.com
  3. fontspace.com

Kamu akan menemukan berbagai jenis font yang unik di ketiga situs web tersebut. Proses mengunduh font di sana juga sangat mudah, Kamu hanya perlu mendaftar terlebih dahulu jika diminta.

Kamu dapat mencari situs web lain yang menyediakan font gratis melalui Google dengan mengetikkan kata kunci “Font Gratis” di kolom pencarian. Semoga kamu berhasil menginstal font Windows di Ubuntu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *