Bagi kamu yang sudah lama menggunakan WiFi, mungkin sudah tidak asing dengan proses mendapatkan alamat IP. Namun, tidak semua pengguna WiFi memahaminya sehingga mengalami kesulitan dalam mengatasi mendapatkan alamat IP.

Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada proses mendapatkan alamat IP ponsel ketika ingin terhubung ke internet. Nah, jika kamu baru pertama kali ingin melakukan pengambilan alamat IP, mungkin kamu akan sedikit bingung.

Namun, jangan khawatir, proses ini sangat mudah diikuti, bahkan untuk pemula sekalipun. Karena itu, kamu tidak perlu bingung karena langkah-langkahnya cukup sederhana dan bisa diselesaikan dengan cepat.

Proses Obtaining IP Address WiFi

Bagi kamu yang belum pernah mencoba mendapatkan alamat IP, mungkin kamu penasaran bagaimana caranya. Nah, berikut ini ada langkah-langkah singkat yang bisa kamu ikuti:

  1. Pertama, aktifkan fitur WiFi di ponselmu.
  2. Pastikan kamu mengetahui password jaringan WiFi yang akan digunakan.
  3. Kemudian, pilih tombol connect dan proses menyambungkan akan dimulai.
  4. Ponselmu akan melakukan obtaining, yaitu dengan mengambil IP address dari perangkat WiFi.
  5. Akhirnya, ponselmu terkoneksi dengan baik ke jaringan WiFi.

Proses biasa untuk mendapatkan alamat IP adalah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun, dalam proses tersebut mungkin akan muncul beberapa hambatan yang perlu diatasi.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah ketika muncul pesan “gagal mendapatkan alamat IP”. Pesan ini menunjukkan bahwa perangkatmu, baik itu HP atau laptop, tidak dapat terhubung ke WiFi atau mengalami kegagalan dalam menghubungkan diri.

Mendapatkan alamat IP memiliki arti pemberian alamat IP yang jika Kamu terus-menerus mendapatkan pesan WiFi “Mendapatkan alamat IP”, maka proses tersebut mengalami kegagalan dalam konfigurasi IP.

Baca Juga  Bagaimana Perkembangan Desain Kalung Inisial dari Masa ke Masa

Penyebab WiFi Obtaining IP Address Terus

Penyebab WiFi Obtaining IP Address Terus

Ada beberapa alasan yang sering membuat proses obtaining ini terhenti atau tidak berhasil dilakukan. Berikut adalah beberapa alasan yang paling umum ditemui:

  • Sistem mengalami gangguan teknis yang menyebabkan error.
  • Terjadi kesalahan dalam konfigurasi router yang mengakibatkan masalah koneksi.
  • Sinyal WiFi yang tidak mencapai performa maksimal, mengakibatkan kualitas koneksi yang kurang memuaskan.
  • Dan masih banyak lagi masalah lainnya yang mungkin kamu temui.

Ada banyak alasan mengapa kamu mengalami masalah obtaining IP address, tetapi jangan khawatir, karena di sini akan dijelaskan cara mengatasinya pada jaringan WiFi.

Cara Mengatasi Obtaining IP Address WiFi

Banyak pengguna WiFi yang mengalami masalah saat proses loading obtaining IP address yang tak kunjung selesai. Jika Kamu mengalami kendala serupa, ada beberapa solusi yang bisa Kamu coba.

Ada beberapa metode yang telah terbukti berhasil dalam mengatasi kendala obtaining IP address. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Periksa Sinyal WiFi

obtaining ip address stuck

Kamu dapat mengatasi masalah obtaining IP address dengan memeriksa kekuatan sinyal WiFi yang sedang digunakan. Hal ini dikarenakan, seringkali sinyal WiFi memiliki kemungkinan mengalami gangguan pada waktu-waktu tertentu.

Sinyal WiFi memiliki peran yang sangat penting dalam proses menyambungkan ke jaringan, terutama saat sedang melakukan proses obtaining.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu perlu memperkuat sinyal WiFi. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memindahkan diri ke area yang dekat dengan pusat WiFi atau router.

2. Disconnect Ulang WiFi

cara mengatasi WiFi yang obtaining IP address terus

Langkah selanjutnya yang paling efektif adalah dengan melakukan pemutusan koneksi WiFi yang sedang kamu gunakan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi masalah WiFi yang terus-menerus mendapatkan IP address:

  1. Buka pengaturan di HP kamu dan cari menu WiFi.
  2. Setelah itu, pilih jaringan WiFi yang ingin kamu gunakan.
  3. Lanjutkan dengan menekan tombol “Lupakan WiFi” atau “Forget WiFi”.
  4. Selanjutnya, sambungkan kembali HP kamu ke jaringan WiFi yang dipilih.
  5. Proses ini selesai dan koneksi WiFi kamu sudah terhubung dengan sukses.
Baca Juga  4 Cara Burning File ke CD Tanpa Software dan Pakai Nero

Dengan begitu, kamu akan segera mengatasi kendala dalam mendapatkan alamat IP. Tetapi jika masih belum berhasil, kamu dapat mencoba solusi berikutnya yang ada di bawah ini.

3. Menggunakan IP Static

Menggunakan IP Static

Seperti yang kamu tahu, sebagian besar smartphone Android saat ini menggunakan IP DHCP sebagai alamat default. Oleh karena itu, ini terkait dengan masalah mendapatkan alamat IP yang sedang dibahas.

Kamu memiliki kemampuan untuk mengubah pengaturan IP menjadi statis. Meskipun jarang terjadi, namun terkadang pengaturan ini dapat mengatasi masalah obtaining IP address.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti untuk menggunakan IP static.

  1. Pertama-tama, buka pengaturan di smartphone Androidmu.
  2. Pilih WiFi yang ingin Kamu gunakan.
  3. Setelah itu, ketuk pengaturan pada WiFi tersebut.
  4. Kamu juga bisa memilih menu Modify Network.
  5. Selanjutnya, ubah pengaturan DHCP dan IP menjadi statis.
  6. Jangan lupa untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Bagi Kamu yang masih menggunakan OS Android versi lama, mungkin akan sedikit kesulitan menemukan pengaturan yang dimaksud di atas. Namun, jangan khawatir, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama, buka menu Setelan di HP Androidmu.
  2. Pilih WiFi yang akan Kamu gunakan.
  3. Tekan menu Advance dan ubah pengaturan WiFi menjadi Static.
  4. Selanjutnya, atur pengaturan IP tambahan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Mungkin belum semua pengguna WiFi tahu perbedaan antara IP DHCP dan static. Jadi, mari kita jelaskan perbedaannya dengan gaya bahasa narasi yang profesional.

  • DHCP: Kamu bisa mendapatkan alamat IP secara otomatis dari pemancar WiFi atau router.
  • Static: Kamu bisa mengubahnya sesuai kebutuhanmu di waktu tertentu karena bersifat disesuaikan.
Baca Juga  Ada jalan sehat di GBK peringati Hari Jantung Sedunia

4. Factory Reset

Bagaimana jika kamu mengalami kesulitan dalam mendapatkan alamat IP? Nah, ada solusi yang bisa kamu coba di smartphone yang kamu gunakan. Kamu dapat mencoba melakukan reset pabrik pada perangkat Androidmu untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Buka menu Pengaturan di HP Android yang kamu gunakan.
  2. Selanjutnya, masuk ke menu Pengaturan lalu pilih opsi Cadangkan dan Setel Ulang.
  3. Ketuk pilihan Kembalikan HP ke Pengaturan Pabrik.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses reset pabrik selesai dilakukan.

Salah satu masalah lain yang sering terjadi pada WiFi adalah ketidakstabilan sistem, seperti adanya bug. Jika kamu mengalami kendala koneksi WiFi yang sulit ditemukan, factory reset bisa menjadi solusi alternatif yang dapat kamu pertimbangkan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu melakukan factory reset. Dengan melakukan factory reset, data akan dikembalikan ke setelan pabrik. Jadi, jangan lupa untuk membuat cadangan data sebelumnya.

5. Reset WiFi (Router)

Reset WiFi (Router)

Untuk mengatasi masalah obtaining IP address, kamu bisa mencoba melakukan reset pada router WiFi. Meskipun cara reset ini mungkin sedikit berbeda tergantung merk router yang kamu gunakan, namun pada dasarnya tidak akan terlalu berbeda jauh.

Coba tekan tombol reset pada perangkat WiFi selama beberapa saat. Namun, Kamu juga bisa membuka menu Pengaturan lalu cari opsi reset di bagian tersebut.

Setelah kamu melakukannya, router WiFi akan melakukan reboot atau restart. Setelah router aktif kembali, coba sambungkan kembali HP ke jaringan WiFi.

Jadi, dengan mengikuti ulasan di atas, Kamu dapat mengatasi masalah obtaining IP address pada WiFi dan menjaga koneksi HP Kamu tetap lancar tanpa ada pesan error.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *